APA ITU TRANFUSI DARAH???



         APA ITU TRANFUSI DARAH???
                Tranfusi darah adalah proses mentransfer darah atau produk berbasis darah dari seseorang ke sistem peredaran darah orang lain.
Tujuan tranfusi darah
         Tranfusi darah bertujuan untuk menyelamatkan jiwa yang dilakukan pada kondisi medis tertentu, misalnya kehilangan darah dalam jumlah besar akibat dari trauma, operasi, atau tidak berfungsinya organ pembentuk sel darah merah.
         Pada awalnya, proses tranfusi menggunakan darah secara keseluruhan, tetapi praktik medis modern biasanya hanya menggunakan komponen darah. Darah harus disimpan di dalam lemari es untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan memperlambat metabolisme sel. Tranfusi dilakukan setelah 20-30 menit unit darah(kantong darah) dikeluarkan dari lemari tempat penyimpanan agar pasien tidak menggigil. Sebelum proses tranfusi, rincian pribadi pasien dicocokkan dengan darah yang akan di transfusikan, untuk mengurangi risiko reaksi tranfusi. Sebuah unit darah yang berisi darah 250 mL-500mL biasanya diberikan selama 4 jam.
Donor
-          Orang memberikan darah
resipien
- Orang yang menerima darah
O
 

                                                A                                                         B








 
                                                                           AB
Golongan darah O disebut donor universal, karena golongan darah O tidak memiliki aglutinogen untuk digumpalkan, sehingga dapat diberikan kepada resipien semua golongan darah, asalkan volume tranfusinya sedikit. Golongan darah AB disebut resipien universal, karena tidak memiliki aglutinin dalam plasma darahnya yang akan menggumpalkan darah, sehingga dapat menerima darah atau donor semua golongan darah.
JANTUNG
Jantung merupakan organ berongga yang terdiri atas empat ruangan, berbentuk seperti kerucut tumpul dengan puncak(aspeks) dibawah miring sebelah kiri, terletak di antara kedua paru-paru dan berukuran sebesar kepalan tangan pemiliknya
DINDING JANTUNG
Terdiri atas 3 lapisan yaitu
-          Epikardium
-          Miokardium
-          Endokardium
-          SISTEM PENGATURAN JANTUNG
-                     
-                      Jantung memiliki sifat otoritmisitas, yaitu mampu berkontraksi atau berdenyut secara ritmis akibat potensial aksi yang dihasilkannya sendiri
PEMBULUH DARAH
            Pembuluh darah merupakan serangkaian tabung(saluran) tertutup dan bercabang, yang berfungsi membawa darah dari jantung ke jaringan, kemudian kembali ke jantung. Pembuluh darah utama ada 3 macam , yaitu arteri, kapiler, dan vena.
Arteri
            Arteri berfungsi membawa darah meninggalkan jantung. Arteri yang terbesar adalah aorta dan arteri pulmonalis,yang keluar dari ventrikel kiri, dan mengalirkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh.
Kapiler
            Kapiler(pembuluh rambut) merupakan pembuluh darah yang sangat halus, berdiameter sekitar 0,008 mm, serta berdinding sangat tipis sehingga memudahkan plasma darah dan zat makanan merembes ke cairan jaringan antarsel.
Vena
Vena adalah pembuluh darah yang membawa darah kembali ke atrium jantung.
Vena berukuran besar yang masuk ke jantung ada 3 macam yaitu :
-          Vena kava superior
-          Vena kava inferior
-          Vena pulmonalis

Comments

Popular posts from this blog

KIMIA hidrolisis garam dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

Karya tulis ilmiah kunjungan ke objek wisata Candi Prambanan

soal lct dan ranking 1 Pramuka