LAPORAN ON THE JOB LEARNING


LAPORAN ON THE JOB LEARNING
(OJL)

DISUSUN SEBAGAI LAPORAN AKHIR  KEGIATAN
ON THE JOB LEARNING  PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGUATAN KEPALA SEKOLAH
KABUPATEN TANGGAMUS PROVINSI LAMPUNG
PERIODE: 21 MARET  -  18 APRIL 2018


 













NAMA                 : JAMIAH, M.Pd.I
UNIT KERJA       : SDN 2 ARGOMULYO
NIP                       : 197004072005012012


PROGRAM PENGUATAN KEPALA SEKOLAH SD
DINAS PENDIDIKAN KABUPATENTANGGAMUS
PROVINSI LAMPUNG
2018
HALAMAN PENGESAHAN


LAPORAN HASIL KAJIAN
On the job learning


JAMIAH, M.Pd.I

Peserta Diklat
Penguatan Kepala Sekolah
Tahun 2018

Telah melakukan pengkajian
Kegiatan On The Job Learning kelas B
 SDN 2 ARGOMULYO KECAMATAN SUMBEREJO         
                                               Bandar Lampung,  18 April 2018                                                                    

Penguji  I


Dr.RINDE RIYANA,M.Pd
    NIP:

                Penguji  II


ADRIATI, M.Pd
                    NIP:
 





HALAMAN PENGESAHAN



OLEH :
JAMIAH, M.Pd.I



PESERTA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
PENGUATAN KEPALA SEKOLAH KABUPATEN TANGGAMUS
PROVINSI LAMPUNG
TAHUN 2018



MENGESAHKAN

           
Koordinator Satuan Pelaksana Layanan Pendidikan
Kecamatan Sumberejo




SRI ANDOKO, S.Pd.MM
NIP: 196809121997021002




KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kegiatan On The Job Learning (OJL)  PendidikandanPelatihanpenguatan Kepala Sekolah SD KabupatenTanggamus, Provinsi Lampung dapat terlaksana dengan baik hingga laporan ini dapat tersusun.
Selama pelaksanaan kegiatan On The Job Learning (OJL) BPU Supervisi Akademik, penulis sebagai salah satu peserta yang bertugas pada SDN 2 Argomulyo, Kabupaten Tanggamus  telah banyak mendapatkan bimbingan, dan arahan dari berbagai pihak.
Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.          Bapak H. Sabli, SH.MH Kepala LPMP  Provinsi Lampung
2.          Bapak Jhohansyah, S.Pd MM Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus.
3.          Ibu dr. NUR INDRATI, M.Kes  Kepala BKP SDM Kabupaten Tanggamus
4.          Ibu Dr. Rinderiyana, S.Kom Widiasuara LPMP Provinsi Lampung
5.          Ibu Adriati, M.Pd Widiasuara LPMP Provinsi Lampung
6.          Bapak H. Sri Andoko,S Pd. M.M Koordinator SPLP Kecamatan Sumberejo.
7.          Bpk Sujoni, S.Pd selaku Pengawas Pendamping yang selalu aktif melakukan pendampingan serta memberikan bimbingan dan arahan dengan sabar selama pelaksanaan OJL,
8.          Para guru dan Tenaga Kependidikan SDN 2 Argomulyo, serta semua pihak yang telah  memberikan bantuan moril maupun materil  selama pelaksanaan OJL ini.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh sebab  itu Penulis berharap saran dan masukan dari berbagai pihak agar dapat dijadikan sebagai bahan penyempurnaan di masa yang akan datang.
Semoga laporan ini bermafaat untuk peningkatan mutu pendidikan, khususnya di SDN 2 Argomulyo.
Tanggamus, 18 April  2018
                                                                                           Penulis

JAMIAH, M.Pd.I.
                                                                        NIP 197004072005012012
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah........................................................................... 1  
B.    Tujuan………………………………………………………….            1  
C.    Hasil yang diharapkan…………………………………………..           3    
BAB II KONDISI NYATA SEKOLAH
A.    Diskripsi singkat SDN 2 Argomulyo
B.    Profil  SDN 2 Argomulyo……………………………………….           3
C.    Visi, Misi, Dan Tujuan Sekolah
D.     Capaian 8 Standar Nasional Pendidikan………………………..           9                    
BAB III PELAKSANAAN ON THE JOB LEARNING
A.  Pembinaan Pembuatan SKP………………………………….              9
1.     Perencanaan……………………………………………….           10
2.     Pelaksanaan……………………………………………….            11
3.     Evaluasi…………………………………………………..             12
B.  Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru………………………….           13
C.  Analisis Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS)………….           15
D.  Analisis Dokumen  KTSP……………………………………            16
E.   Pelaksanaan Supervisi  Akademik……………………………            17
1.     SupervisiAkademik Guru I………………………………..           18
1.1  Perencanaan…………………………………………..           19
1.2  Pelaksanaan……………………………………………          20
a.      Pra Observasi…………………………………….            21
b.     Observasi………………………………………….           22
c.      Pasca Observasi…………………………………. ..        
1.3  Tindak Lanjut………………………………………….           21
2.      SupervisiAkademik Guru 2………………………………..            18

BAB IV PENUTUP
A.  Simpulan………………………………………………………          45
B.  Saran-Saran…………………………………………………..            45
LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Kepala Sekolah adalah pimpinan tertinggi di sekolah. Pola kepemimpinannya akan sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan kemajuan sekolah. oleh karena itu Kepala Sekolah hendaknya senantiasa harus mampu mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan pengembangan keprofesian.
Kepala Sekolah memiliki peran setrategis sebagai manajer di sekolah, ​ketika perencanaan pendidikan dikerjakan dan setruktur organisasi persekolahan disusun guna memfasilitasi perwujudan tujuan pendidikan, serta para anggota organisasi, pegawai atau karyawan dipimpin dan dimotivasi untuk mensukseskan pencapaian tujuan, tidak dijamin selamanya bahwa semua kegiatan akan berlangsung sebagaimana yang direncanakan, ​dan dikelola dengan baik, di antaranya adalah pengetahuan tentang manajemen. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah menetapkan 5 (lima) dimensi kompetensi yaitu: (1) Kepribadian, (2) Manajerial, (3) Kewirausahaan, (4) Supervisi, dan (5) Sosial. Dasar kompetensi kepribadian ini akan sangat menentukan kompetensi lainnya, khususnya dalam melaksanakan program Pendidikan Nasional, Propinsi, dan Kabupaten/Kota.
Sebagai tambahan pengetahuan dan keilmuan dalam bidang perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan, Kepala Sekolah harus mampu menunjukkan kinerjanya berdasarkan kebijakan, perencanaan, dan program pendidikan. Kompetensi Manajerial merupakan kompetensi Kepala Sekolah dalam memahami sekolah sebagai sistem yang harus dipimpin dan dikelola dengan baik, di antaranya adalah pengetahuan tentang manajemen.
Output dari kegiatan on the job learning  adalah terwujudnya Kepala Sekolah yang memiliki kemampuan membuat perencanaan, melaksanakan, analisis, dan melakukan tindak lanjut supervisi akademik, sehingga bermuara pada peningkatan mutu sekolah.
Kompetensi manajerial merupakan kompetensi kepala sekolah dalam memahami sekolah sebagai sistem yang harus dipimpin dan dikelola dengan baik, di antaranya adalah pengetahuan tentang manajemen.
Dengan kemampuan dalam mengelola ini nantinya akan dijadikan sebagai pegangan cara berfikir, cara mengelola dan cara menganalisis sekolah dengan cara berpikir seorang kepala sekolah.
Kepala sekolah juga harus memiliki kompetensi kewirausahaan. Sebagai salah satu cara bagaimana sekolah mampu mewujudkan kemampuan dalam wirausahanya ini maka kepala sekolah harus mampu menunjukkan kemampuan dalam menjalin kemitraan dengan pengusaha atau donatur, serta mampu memandirikan sekolah dengan upaya berwirausaha.
Kompetensi supervisi ini sangat strategis bagi seorang kepala sekolah khususnya dalam memahami apa tugas dan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah. Tugas dan fungsi dari supervisi ini adalah untuk memberdayakan sumber daya manusia yaitu guru.  Salah satunya adalah melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.
Dalam rangka meningkatkan mutu Kepala sekolah/SD, pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/SDN. Permendiknas ini memuat sistem penyiapan kepala sekolah SDN, proses pengangkatan kepala sekolah/SDN, masa tugas, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), penilaian kinerja Kepala sekolah SDN, mutasi dan pemberhentian tugas guru sebagai kepala sekolah/SDN.
Menindaklanjuti Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) mengadakan pendidikan dan latihan kepala sekolah. Setelah melalui tahapan seleksi administrasi dan seleksi akademik. Diklat tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus.
Kegiatan On the Job Learning (OJL) penting bagi peserta Diklat penguatan kepala sekolah untuk mempraktikkan kompetensi yang telah dipelajari selama kegiatan in service 1. Dalam On the Job Learning (OJL) dipraktikkan bagaimana mengkaji RKS, pengelolaan kurikulum sekolah, pengelolaan keuangan, pembinaan tenaga administrasi sekolah, pengelolaan peserta didik, pengelolaan sarana prasarana sekolah, pengelolaan pendidikan dan tenaga kependidikan, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, sistem monitoring dan evaluasi, program supervisi guru yunior, menyusun perangkat pembelajaran, dan pelaksanaan rencana tindak kepemimpinan berdasarkan AKPK. Kegiatan On the Job Learning (OJL) dilaksanakan  pada sekolah tempat kepala sekolah bertugas..
Sebagai peserta Diklat penguatan kepala sekolah Kabupaten Tanggamus, penulis melaksanakan On the Job Learning (OJL) pada SDN 2 Argomulyo (sekolah tempat penulis bertugas).
Berdasarkan hasil pelaksanaan On the Job Learning (OJL) pada SDN  Argomulyo, penulis menyusun laporan akhir On the Job Learning (OJL).  Laporan ini merupakan salah satu tugas wajib peserta Diklat penguatan kepala sekolah berdasarkan kondisi nyata di lapangan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah.

B.  Tujuan On the Job Learning (OJL)
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi tujuan laporan On the Job Learning (OJL)  ini adalah untuk mengetahui dan dapat meningkatkan:
1.   Menghasilkan kepala sekolah yang mampu mengembangkan dan meningkatkan 5 kompetensi berdasarkan Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007, Kompetensi yang dimaksud berupa kompetensi kepribadian, manajerial, sosial, kewirausahaan, dan supervise
2.   Menghasilkan kepala sekolah yang dapat mengarahkan dan menggerakkan guru untuk meningkatkan kuwalitas pembelajaran di sekolah.
3.   Menghasilkan kepala sekolah yang mampu mengidentifikasi masalah yang terkait dengan standar nasional pendidikan (SNP).Namun baru menuju SPM
4.   Menghasilkan kompetensi manajerial melalui pengkajian Rencana Kerja Sekolah (RKS), pengelolaan keuangan sekolah, pengelolaan pendidikan dan tenaga kependidikan, pengelolaan ketatausahaan sekolah, pengelolaan sarana prasarana sekolah, pengelolaan kurikulum, pengelolaan peserta didik, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, dan sistem monitoring dan evaluasi pada SDN 2 Argomulyo.
5.   Menghasilkan kepala sekolah yang mampu melakukan supervisi akademik kepada guru dengan teknik yang benar.
6.   Menghasilkan kepala sekolah yang mampu bekerja sama dengan pihak lain untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah.

C.  Hasil yang Diharapkan
Setelah kegiatan On the Job Learning (OJL) ini dilakukan maka sebagai kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk :
1.   Mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam setiap kegiatan On the Job Learning (OJL),  khususnya pada pelaksanaan RKT.
2.   Mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam setiap kegiatan On the Job Learning (OJL),  khususnya pada pelaksanaan RKT
3.   Mengintegrasikan nilai-nilai kepemimpinan yang selalu menempatkan pembelajaran pada prioritas utama dalam pengambilan keputusan.
4.   Meningkatkan kemampuan guru kelas dan mata pelajaran dalam membuat media pembelajaran.
5.   Menyusun perangkat pembelajaran (RPP, bahan ajar dan evaluasi) sesuai standar.
6.   Memetakan kesenjangan sekolah sendiri  dan menyusun alternatif solusi untuk mengatasi kesenjangan.
7.   Melaksanakan pra-observasi, observasi dan post-observasi dalam supervisi guru.


BAB II
KONDISI NYATA  SEKOLAH

A.  Latar Belakang  Sekolah
1.   Sejarah Singkat Sekolah
SDN 2 Argomulyo adalah salah satu sekolah yang berada di wilayah perbatasan dengan Kec. Pulau panggung di lingkungan kerja pendidikan  kecamatan Sumberejo kabupaten tanggamus. Adapun keberadaan SD tersebut didirikan berdasarkan keinginan dari lingkungan dan pamong setempat untuk bersama-sama meningkatkan pendidikan berdasarkan suatu keinginan untuk maju bersama.
Oleh karena itu sejak tahun 1983 SDN 2 Argomulyo beroperasi hingga sampai saat ini masih tetap Kokoh dalam meninngkatkan pendidikan yang berpola pada kegiatan belajar mengajar aktif.  Eksitensi SD N 2 Argomulyo ini semakin tumbuh setelah guru – guru dan kepala sekolahnya di berikan penataran-penataran dan pelatihan – pelatihan yang diselenggarakan di tingkat kecamatan, maupun tingkat kabupaten. Sebagaimana Sekolah – sekolah lain SD N 2 Argomulyo juga telah beberapa kali mengalami pergantian Kepala Sekolah/ Pimpinan antara lain berikut :

Tabel 1
Nama Kepala Sekolah Tahun 1983 sampaai Sekarang
No
Nama Kepala sekolah
Masa jabatan
Keterangan
1
 Suratman B.A
1983  - 2000
Mutasi ke SDN 2 Sumbermulyo
2
 Fuadiah
2000  -  2005
Pensiun
3
 Puji Santoso
2005  -  2009
Mutasi ke SDN 2 Dadapan
4
 Mukhamad Mukti
2009  -  2013
Mutasi ke SDN 2 Simpang kanan
5
Sunarto,S.Pd.SD
2013  -  2017
Mutasi ke SDN Sidorejo
6
Jamiah, M.Pd.I
2017  - sekarang
Sebelumnya guru SDN 2 Sumbermulyo

Untuk mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah, perencanaan jangka menengah sekolah sangat penting untuk direncanakan secara matang, agar tepat dalam penggunaan dana yang ada.
Dalam perkembangan dewasa ini, SD Negeri 2 Argomulyo dalam satu tahun yang akan datang memprioritaskan kepada penataan lingkungan sekolah agar menjadi sekolah yang rindang, sejuk, dan nyaman. Disamping itu juga melengkapi sarana dan prasarana pendidikan yang berkaitan dengan alat peraga dan pemenuhan buku pelajaran siswa.
Perencanaan tahunan berfungsi sebagai pedoman perencanaan selama satu tahun sekaligus sebagai indikator pengukuran keberhasilan proses pembelajaran dan penyelenggarana pendidikan selama satu tahun, sehingga penting bagi sekolah untuk menyusun rencana kerja tahunan agar pencapaian terhadap visi dan misi sekolah menjadi terarah, jelas, fokus dan sesuai dengan diharapkan.\

B.    Profil Sekolah
1.     Identitas Sekolah
N S S                                                   :  101.120.104.079
N P S N                                               : 10804778
a.      Nama Sekolah                              : SD Negeri  2 Argomulyo
b.     Alamat                                                      :
1)     Jalan                                        : PekonArgomulyo
2)     Desa                                        : Argomullyo
3)     Kecamatan                              : Sumberejo
4)     Kabupaten                               : Tanggamus
5)     Kode Pos                                 : 35662
6)     Telepon                                   : -
7)     E-mail                                     : sdnargomulyo2@gmail.com
c.      Sekolah dibuka tahun                   : 1983
d.     Status Sekolah                              : Negeri
e.      Waktu Penyelenggaraan               : Pagi
f.      Status Tanah                                 : Hak Milik
g.     SK Pendirian                                : Nomor :
                                                        Tanggal :

h.     Akreditasi                                     : Tahun 2012 Nilai : B
(1)  Disamakan/Amat Baik (A)   
(2)  Diakui/Baik (B)
(3)  Terdaftar/Cukup (C)     
(4)   IO/Kurang (D)


2.     Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
SDN 2 Argomulyo memiliki tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sekolah yang cukup, sebanyak 10 orang PNS dan 2 TKS jadi jumlah seluruh Pegawai SDN 2 Argomulyo adalah 12 Orang. Dari 12 Pegawai 1 berijazah S2,  5  sudah berijazah S.1/Akta IV, 2 Berijazah D3 dan 2 orang masih menempuh pendidikan S1 serta 1 orang berijazah SMP. Guru yang sudah bersertifikasi ada 6 orang. Adapun data Pendidik dan Tenaga Kependidikan SDN 2 Argomulyo sebagai berikut :

Tabel 2
Tenaga Pendidik dan Kependidikan SDN 2 Argomulyo
No
Jumlah
SLTA
PGSD,DII
D III
S1
S 2
1
PNS 10
1
3

4
2
2
OPS  dan Perpus (TKS)


2









4
Jumlah  = 12
L = 4  P  = 8


Tabel  3
Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan SDN 2 Argomulyo
Tahun Pelajaran 2017 / 2018
No
NAMA/NIP
L/P
GOL
JABATAN
1
JAMIAH,M.Pd.I
NIP. 19700407 200501 2 012
P
III. d
Kepala Sekolah
2
DARLIK. S.Pd.SD, MM
NIP. 19610303 198010 2 001
P
IV.b

Guru Kelas VI
3
SUDIYAH
NIP. 19590509 198203 2 002
L
IV.a
Guru Kelas II
4
SUMARSIH
NIP. 19660710 198603 2 005
P
IV.a
Guru Kelas III
5
CARI MUNADI
NIP. 19690916 200801 1 005
L
II. c
Guru Kelas  V
6
SUYATMI. S.Pd.SD
NIP. 19661108 200801 2 004
P
II. c
Guru Kelas IV
7
SURANTI, S.Pd
NIP. 19720223 200604 2 011
P
III. b
Guru PJOK
8
KUDIYAH, S. Pd. I
NIP. 19771009 200902 2 005
P
III.b
Guru PAI
9
NURHASANAH. S.Pd.I
NIP. 19671005 200801 2 014
L
III .b
Guru Kelas I
10
SUKARTO
    L
II. b
 Tenaga kependidikan
11
DWI PRASTIONO.A.Md
L
TKS
OPS
12
TRI PRASETYO , A.Ma.Pust
L
TKS
Perpustakaan

  1. Data Peserta Didik
Pada Tahun Pelajaran 2017 / 2018 SD N 2 Argomulyo Kec Sumberejo Kab.Tanggamus memiliki peserta didik dengan jumlah 103 siswa, yang terdiri dari 58 siswa laki-laki dan 45  siswa perempuan.
Tabel 4
Data Peserta Didik SDN 2 Argomulyo Tahun Pelajaran 2017/2018
Kelas
Jumlah Siswa
Ruang Kelas
Rombel
L
P
Jumlah
2017/2018
2017/2018
I
5
3
8
1
1
II
12
8
20
1
1
III
12
13
25
1
1
IV
9
6
15
1
1
V
10
6
16
1
1
VI
10
9
       19
1
1
Jumlah
58
45
103
6
6
 
  1. Fasilitas Sekolah
Fasilitas sekolah terdapat di SDN 2 Argomulyo memiliki sarana dan prasarana memiliki 6 Ruang Belajar,
No
Keadaan Gedung
3 Unit
Kelas
Ket
1
1 Unit R.kelas
1
2
3
1983
9
Rumah Dinas
RKS
R.Peg

1983
2
1 Unit R.kelas
4
5
6
1986
4
2 Unit WC



2014
5
1 Unit Perpustakaan



2015
6
1 Unit Parkir



2015
7
R.Uks



2015


C.    Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

1.     Visi :
“MENUJU  SEKOLAH  YANG  UNGGUL  IMTAQ, DAN  IPTEK,   SENI BUDAYA, BERSIH  AMAN  DAN NYAMAN SERTA  MENGHASILKAN PESERTA DIDIK YANG CERDAS, SEHAT JASMANI, ROHANI,  KREATIF, KOMPETENTIF DAN  BERKARAKTER”.

2.     Misi :
a. Mewujudkan proses pembelajaran yang efektif dan efesien.
b.    Mewujudkan lulusan yang berakhlak mulia,cerdas dan terampil
c.   Mewujudkan pendidik yang memiliki kompetensi dan kwalisi yang  di persyaratkan SNP.
d.   Mewujudkan Sapras pendidikan yang mendukung proses pembelajaran sesuia standar.
e.    Mewujudkan manajemen sekolah yang efektif dan efesien. 
f.     Mewujudkan standar penilaian sesuia standar kelulusan. 
g.    Mewujudkan sekolah yang bersih dan sehat
h.    Mewujudkan sekolah yang hijau dan asri

 3   Tujuan Sekolah
a.      Menciptakan suasana proses belajar mengajar yang sehat aman dan menyenangkan.
b.     Membiasakan hidup santun dan berbudi pekerti luhur.
c.      Taat beribadah sesuai ajaran agama yang dianut.
d.     Meraih prestasi akademik dan non akademik di tingkat Kecamatan Kabupaten, Propinsi  ataupun Nasional.
e.      Unggul di bidang olahraga: Catur ,bulu tangkis, Tenis meja, Volly Mini dan Sepak Bola Mini.
f.      Unggul dalam bidang seni tari.
g.      Unggul dalam bidang  PAI
h.     Mengikut sertakan guru dalam peningkatan mutu pendidikan.
i.       Terwujudnya partisipasi aktif wali murid dan masyarakat terhadap sekolah.

 BAB IV
PENUTUP

A.      Simpulan
Diklat  Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah yang telah dilaksanakanoleh LPMP Lampung merupakan program yang sangat berguna untuk meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah sesuaidenganPermendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentangStandarKompetensi Kepala Sekolah/Madrasah. Salah satu diantaranya adalah Kompetensi Supervisi Akademik, Rencana Kerja Sekolah, dan Penelitian Tindakan Kelas.
Untuk memenuhi kompetensi di atas, Kepala Sekolah perlu senantiasa meningkatkan kompetensinya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan diklat pengembangan diri, pelatihan berkala, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan hasil akhirnya adalah penguasaan terhadap Kompetensi Pembinaan Pembuatan SKP, Pelaksanaan PKG, Analisis PKKS Analisis Dokumen KTSP dan Supervisi Akademik.
B.      Saran-Saran
1.    Mengingat Pembinaan Pembuatan SKP, Pelaksanaan PKG, Analisis PKKS Analisis Dokumen KTSP dan Supervisi Akademik,   itu penting dan bermanfaat sebagai upaya peningkatan manajerial dan skill Pemimpin  sekolah, maka pelaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah, khususnya Pengembangan Diri terkait Pembinaan Pembuatan SKP, Pelaksanaan PKG, Analisis PKKS Analisis Dokumen KTSP dan Supervisi Akademik, hendaknya waktu yang dialokasikan perlu ditambah, agar peserta diklat memiliki waktu yang cukup untuk mempelajari dan melaksanakan semua langkah-langkah yang telah disusun.
2.   Untuk Untuk Dinas Pendidikan, diperlukan kegiatan tindak lanjut yang berkesinambungan atas kegiatan yang telah dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Lampung dalam upaya meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah secara menyeluruh dan berkelanjutan.







Popular posts from this blog

KIMIA hidrolisis garam dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

Karya tulis ilmiah kunjungan ke objek wisata Candi Prambanan

soal lct dan ranking 1 Pramuka